"Welcome to My Blog"

Kamis, 29 Maret 2012

Apakah Anda Sudah Profesional dalam Bekerja?

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kemampuan untuk menjadi seseorang yang dapat optimal dalam bekerja. Namun semua hal tersebut tidak selalu berjalan seperti yang diinginkan mereka. Seringkali beberapa orang berfikir instan untuk lebih mengutamakan kepentingannya pribadi, disisi lain banyak orang membutuhkannya. Salah satu hal yang sederhana seperti itu membuat permasalahan kecil sering terjadi di ruang kerja. Bekerja secara profesional tidak cukup didefinisikan hanya dengan bersikap baik ketika bekerja, namun lebih daripada itu. Bekerja profesional juga bisa berarti 100% fokus pada apa yang kita sedang kerjakan saat ini. Bahkan boleh jadi bekerja profesional adalah kemampuan memanage waktu sedemikian rupa hingga semua pekerjaan terselesaikan dengan baik dan tepat waktu atau efektif. Sehingga sebelum kita masuk dalam dunia kerja yang sesungguhnya, kita perlu mengetahui beberapa tips mengenai bekerja secara profesional.


1. Main Schedule List.
artinya diperlukan suatu jadwal utama prioritas seluruh pekerjaan Anda. Kalau perlu sampai ke bagian sub pekerjaan yang kecil.

2. Membuat Agenda yang tepat
Penyusunan jadwal kegiatan di dalam agenda akan sangat mudah. Anda bisa menggeser sub pekerjaan penting tidak mendesak dan mendahulukan pekerjaan yang sifatnya penting dan mendesak. Berikan juga jadwal luang untuk urusan istirahat dan olah raga anda. Agenda yang anda buat harus disertai dengan komitmen anda dalam melakukan hal terseebut sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang telah dijadwalkan.

3. Semangat dan Kerja Keras
tetap berfikir positif dengan terus menyemangati diri sendiri merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk tetap konsisten dalam melakukan aktivitas anda. Ingat terus bekerja tanpa istirahat merupakan hal keliru, sehingga perlu anda lakukan olahraga yang teratur.

4. Make reward and punishment system.
Agar Anda lebih semangat dalam bekerja dan mencapai goal Anda, buatlah satu sistem penghargaan dan hukuman untuk diri Anda. Setiap Keberhasilan yang anda peroleh dalam bekerja, berikanlah penghargaan berupa makan-makan di luar atau bahkan rekreasi dengan teman-teman. Atau jika anda gagal, berikanlah sedikit hukuman untuk diri anda sesuai dengan porsinya masing-masing. Sehingga pada intinya hal tersebut akan lebih memacu anda untuk bekerja lebih baik lagi.

5. Masalah Pribadi
usahakan untuk tidak membawa masalah rumah, sekolah, atau lingkungan di luar urusan pekerjaan. Sehingga setiap masalah yang anda peroleh diluar tempat kerja anda, tidak akan mempengaruhi performance anda dalam bekerja lebih baik lagi.

Mungkin itu saja sedikit sharing mengenai kiat bekerja secara profesional, semoga dapat bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar